The Great Train Robbery (1903)


The Great Train Robbery adalah sebuah film pendek bisu dari Barat Amerika tahun 1903 yang ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Edwin S. Porter, mantan juru kamera Edison Studios. 

Aktor dalam film termasuk Alfred C. Abadie, Broncho Billy Anderson dan Justus D. Barnes, meskipun tidak ada kredit. Meskipun Barat, itu difilmkan di Milltown, New Jersey. Film ini terinspirasi oleh permainan panggung Scott Marble's tahun 1896, dan mungkin juga terinspirasi oleh perampokan kereta 1900 yang dilakukan oleh Butch Cassidy. 

Film ini penting dalam sejarah perfilman karena merupakan salah satu gambar bergerak pertama yang bercerita. Karya Edwin S. Potter ini, yang mengisahkan empat bandit yang membajak dan merampok kereta, merevolusi perfilman masa awal dengan pengambilan gambar di luar studio, teknik penyuntingan gambar yang baru, serta efek khusus. 

Film ini diambil di studio Edison, New York City, lokasi luar studio di South Mountain Reservation, New Jersey bagian dari sistem Essex County Park modern, dan sepanjang Delaware, Lackawanna, dan Western Railroad. Difilmkan selama November 1903, gambar itu diiklankan tersedia untuk dijual ke distributor pada bulan Desember tahun yang sama.

Dengan durasi dua belas menit, film The Great Train Robbery dianggap sebagai tonggak sejarah dalam pembuatan film pengembangan dari karya Porter sebelumnya, Life of a American Fireman. Film ini menggunakan sejumlah teknik non-konvensional, termasuk pengeditan komposit, pemotretan di lokasi, dan banyak gerakan kamera. 

Film ini adalah salah satu film yang paling awal dalam penggunaan teknik cross-cutting, di mana dua adegan terjadi secara bersamaan tetapi di lokasi yang berbeda. Dalam beberapa print juga adegan-adegan tertentunya diwarnai dengan teknik hand colored. (misalnya, ledakan berwarna merah jambu dan oranye, gaun-gaun berwarna dalam adegan dance hall, dan baju hijau pada adegan akhir). 

Teknik yang digunakan dalam The Great Train Robbery terinspirasi oleh film yang digunakan dalam film Inggris Frank Mottershaw, A Daring Daylight Burglary, yang dirilis pada awal tahun. Para sejarawan film sekarang umumnya menganggap The Great Train Robbery sebagai film aksi Amerika pertama dan film Barat pertama dengan "bentuk yang dapat dikenali".



Film ini sangat terkenal dengan salah satu adegannya, yaitu seorang bandit menembak ke arah kamera. Penonton masa itu ketakutan karena mengira sungguh-sungguh ditembak. Adegan ini menyajikan adegan close-up pemimpin bandit, diperankan oleh Justus D. Barnes, yang mengarahkan pistolnya langsung ke kamera. Adegan ini tidak terkait langsung dengan apa pun dalam narasi utama, dan digambarkan sebagai "Realisme" oleh keterangan yang menyertainya dari Edison Manufacturing. Meskipun biasanya ditempatkan di bagian akhir, Porter menyatakan bahwa adegan itu juga bisa muncul di awal film.

Pada tahun 1990, The Great Train Robbery terpilih untuk dilestarikan di United States National Film Registry oleh Library of Congress sebagai "budaya, sejarah, atau estetis yang signifikan".

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post