Best Animated Movies Ever Made


Medan, Film Medan Film animasi, atau biasa kita sebut film kartun, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Tapi itu dulu, sekarang dengan bantuan Komputer dalam pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
Animasi saat ini telah menjadi pilihan yang paling efektif untuk menyampaikan pesan. Di dunia hiburan misalnya, sudah tak terhitung berapa banyak film-film animasi yang bertebaran. Para penggemarnya juga tak mengenal usia, mulai dari yang bayi, balita, remaja hingga dewasa sekali pun, semua tak bisa menolak efek-efek spesial yang hanya bisa ditemukan pada film-film animasi ini. Berikut film film animasi dengan efek visual dan alur cerita terbaik!
  1.    Grave of the Fireflies


sumber : Amazon.com
Perfilman Jepang tak lagi asing ketika membahas tentang membungkus tragedi dalam bentuk terbaiknya. Salah satu film Jepang, bagaimanapun, rasanya pantas jika film satu ini, Grave of The Fireflies garapan Isao Takahata dari Studio Ghibli pada tahun 1988 menyandang gelar film anime dengan cerita paling menyedihkan yang pernah ada. Grave of the Fireflies berlatar di Kobe pada tahun 1945. Film ini mengisahkan dua bocah, Seita dan adiknya Setsuko, terperangkap dalam pertarungan pertahanan diri selama bulan-bulan terakhir Perang Dunia II. Film ini menjadi rekomendasi kalian untuk menonton film ini.

 2.      The Lion King (1994)

Sumber : pinterest.com

The Lion King
 menjadi salah satu film animasi yang paling sukses. Di Amerika Serikat, film ini menambah pemasukan Disney sebesar $328.541.776, dan $783.841.776 untuk seluruh dunia. Dalam penggarapannya, para animator sebelumnya lebih berkonsentrasi untuk pembuatan pembuatan film Pochahontas karena mereka mengira bahwa film itulah yang akan lebih populer. Saat mereka melepas cuplikan The Lion King, mereka mendapat sambutan yang lebih baik.  The Lion King telah diadaptasikan menjadi sandiwara musikal Brodway yang sukses sejak tahun 1997. disutradarai Roger Aller film ini akan selalu diingat oleh banyak khalayak dan menjadi film terbaik sepanjang masa.
3.      How to Train Your Dragon
sumber : pinterest.com

How to Train Your Dragon terbilang sukses secara komersial dan diterima secara positif oleh kritikus. Tidak hanya berhasil meraup pendapatan sebesar USD 500 juta, film ini juga berhasil mendapatkan nominasi Academy Awards untuk kategori Best Animated Feature dan Best Original Score.
Bercerita tentang remaja yang mempunyai ayah seorang viking anti naga, tapi remaja ini malah ingin menjadi teman para naga. Film ini berating 8,5 versi IMDb, film ini sangat cocok ditonton dengan keluarga.
4.      Spirited Away
sumber : dictio.id

Film animasi karya sutradara ternama Jepang Hayao Miyazaki ini bercerita tentang kisah seorang gadis berumur 10 tahun bernama Chihiro dan kedua orangtuanya yang masuk ke sebuah tempat yang terlihat sebagai sebuah taman hiburan yang terabaikan. Setelah kedua orangtuanya berubah menjadi babi raksasa, Chihiro bertemu dengan sosok misterius Haku yang menjelaskan kepadanya bahwa tempat mereka berada adalah sebuah resort di mana makhluk supernatural berisitrahat dari alam duniawi. Untuk dapat membebaskan kedua orangtuanya, Chihiro harus bekerja di sebuah bath house yang dikepalai oleh penyihir bernama Yubaba
. Film lawas produksi 2001 ini berating 8,6/10 Versi IMDb lagi lagi anime produksi jepang ini menempati posisi teratas animasi terbaik.
5.      Toy Story 3
sumber : imdb.com

Kartun kecintaan para umat ini juga dinobatkan sebagai salah satu animasi terbaik sepanjang masa. Film hasil produksi pixar ini dirilis tahun 2010 diseluruh dunia mulai dari bulan juni sampai oktober. Toy story 3 disutradarai oleh Lee Unkrich. Film Toy Story 3 juga menang piala Oscar untuk kategori ‘Best Animated Featured’ tahun 2010. Film ini menceritakan tentang sekelompok mainan yang sangat menyayangi pemiliknya, dan mereka juga saling menjaga satu sama lain. Lewat film ini juga kita diajarkan arti persahabatan dan kekompakan satu sama lain. 
6.      Wall – E
sumber : Wikipedia

WALL•E adalah sebuah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Tokoh utama dalam film ini adalah sebuah robot yang bernama WALL•E. Film ini dirilis pada tanggal 27 Juni 2008. Film yang disutradarai oleh Andrew Stanton, yang sebelumnya menyutradarai Finding Nemo dan memenangkan Academy Award untuk kategori film animasi. Jim Morris, yang sebelumnya bekerja untuk Lucasfilm, menjadi produsernya. Karakter-karakter dalam WALL•E, sebagian besar suaranya tidak disuarai oleh manusia, tetapi oleh suara mesin.
7.      Princess Mononoke
sumber : Wikipedia

Animasi Jepang Princess Mononoke adalah salah satu karya yang terbaik lagi lagi dari studio Ghibli. Kisah tentang seorang putri yang tinggal di hutan bersama seekor makhluk buas ini diciptakan oleh Hayao Miyazaki pada 1970-an. Sketsa tersebut kemudian dituangkan dalam storyboard film pada tahun 1994.
Studi Ghibli memang memproduksi film-film anime berkualitas. Namun, perannya semakin mendapatkan pengakuan di dunia Barat ketika Princess Mononoke hadir. Besarnya animo masyarakat lokal terhadap tontonan ini menarik perhatian produser Harvey Weinstein.
Setelah itu, script naskah pun dibuat oleh Neil Gaiman. Sejumlah bintang ternama, seperti Claire Danes dan Billy Bob Thornton, didaulat untuk menjadi aktor pengisi suara di Princess Mononoke.
Meskipun demikian, Princess Mononoke dianggap masih relevan untuk menjadi tontonan pada zaman sekarang. Tak heran animasi Jepang ini pernah meraih penghargaan dari Japan Academy Prize sebagai Film Terbaik.
8.      Up
sumber : IMDb

Siapa yang gatau film rumah balon ini? Film Up ini sudah tayang berulang kali di televisi seluruh dunia, dan filmnya juga pernah menang di Oscar loh. Film ini menceritakan tentang petualangan anak pramuka dan kakek tua untuk memenuhi lencana terakhir si anak. Dengan mengikat ribuan balon ke rumahnya, Carl (Kakek) berangkat untuk memenuhi mimpinya untuk melihat belantara Amerika Selatan dan menyelesaikan janji yang dibuat untuk mendiang istrinya, Ellie. Film ini disutradarai oleh Pete Docter dan Bob Peterson , yang juga menulis skenario film, serta cerita dengan Tom McCarthy , dengan musik yang dikomposisi oleh Michael Giacchino .
9.      Toy Story
sumber : en.wikipedia.org

Berceritakan woody sang karakter utama yang berjumpa dengan mainan baru, yaitu Buzz. Sekelompok mainan milik Andy ini selalu menjalin kekompakan yang gak pernah berhenti. adalah film komedi teman animasi komputer Amerika 1995 yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney PicturesFilm debut sutradara fitur John Lasseter, ini adalah film fitur sepenuhnya animasi komputer pertama, serta film fitur pertama dari Pixar. Toy Story ditayangkan perdana di El Capitan Theatre di Los Angeles, California, pada 19 November 1995, dan dirilis di Amerika Utara pada 22 November 1995. Itu adalah film dengan pendapatan tertinggi selama akhir pekan pembukaannya, akhirnya menghasilkan lebih banyak $ 373 juta di box office seluruh dunia. Film ini menerima tiga nominasi Academy Award, yaitu Best Original ScreenplayBest Original Song untuk "You've Got a Friend in Me", dan Best Original Score, serta memenangkan Penghargaan Akademi Prestasi Spesial.
 10.  My Neighbor Totoro
sumber : moosegazette.net

Siapa yang belum pernah nonton film kartun ini? Kartun ini juga kartun dari Jepang, yang diproduksi oleh Hayao Miyazaki dan dirilis ke teater oleh Toho (Jepang), Troma Films (1993 Inggris dub), dan Disney (2006 dub), tanggal 16 April 1988. Film ini berkisah tentang sebuah keluarga Kusakabe yang memiliki dua orang anak perempuan bernama Satsuki dan Mei. Mereka pindah ke sebuah rumah tua di pedesaan yang kelihatan seperti rumah hantu. Film animasi ini pernah menang di  Kinema Junpo Award untuk kategori ‘Best Film of the year’.
Itulah 10 Animasi terbaik sepanjang masa, film animasi apa yang paling kalian suka? Tulis di kolom komentar ya


11 Comments

  1. Grave of the fireflies merupakan animasi tersedih yang pernah saya tonton , benar benar menceritakan betapa mengerikannya perang untuk warga sipil ... Great article anyway 👍

    ReplyDelete
  2. the spirited away is really a good animation. the story line and the visual is on point. studio ghiblin would never disappointed.

    i will check out the others as well. thankyou for the article! it's great!

    ReplyDelete
  3. Dari semua film animasi tersebut hampir semua pernah saya tonton dan hampir semua adalah animasi kesukaan saya tapi yang paling saya suka adalah Toy Story karena animasi ini mengajarkan Kita untuk saling menjaga satu sama lain,menghargai,juga mengajarkan tentang persahabatan kekompakan.

    ReplyDelete
  4. Up! & Wall-E merupakan suatu animasi yang memiliki story dan grafik yang bagus dan juga terdapat pesan moral yang tersirat di dalam film tersebut

    ReplyDelete
  5. I really agree that wall-e is one of the best animated films ever made, starting from cinematography, stories, sound, and so on, it's really good. The story succeeded in making me cry. Stanton's work is beyond doubt.

    ReplyDelete
  6. agreed. all of the animated movies mentioned above truly deserves the "best animated movies" title. especially studio ghibli's works. the art style, the storyline, everything's perfect. I've always been a fan of studio ghibli's works. overall this is a good article!

    ReplyDelete
  7. And this article is great for people who like animation,like me

    ReplyDelete
  8. Luar biasa...
    Semua animasi yang tercantum sudah pernah saya tonton dan memang film yang sangat menarik dan berisi amanat yang sangat bermakna. Animasi yang paling saya sukai adalah Princess Mononoke karena film ini menunjukkan pentingnya melestarikan lingkungan.

    ReplyDelete
  9. Of all the animated films that I have watched, almost all of the Toy Story series I have watched and I really like it because there we are taught about kinship and trust in each other as well as how we love and care for our belongings even though it is only a toy. besides that I also like the movie up! , Wall-E which is also an interesting film not only for children but also for adults to watch.

    ReplyDelete
  10. Thanks for a wonderful share. Your article has proved your hard work and experience you have got in this field. Brilliant .i love it reading. true stories

    ReplyDelete
  11. In vivified cartoons, the cartoon studio regularly makes this authenticity and allure through the presence of the characters. That is, the studio utilizes the presence of the characters and the subtleties in the scenes around them to communicate the's characters and flaws. ไทย โดจิน

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post