Film Asia terbaik sepanjang 5 tahun terakhir

Medan, Film Medan – Banyak film yang berhasil menonjol di sepanjang 5 tahun terakhir ini. Beberapa film juga udah diyakini kalau mereka pasti bakal berhasil. Separuhnya lagi memang nampak biasa, tapi jangan salah filmnya juga berhasil ngebuktiin kalau film mereka itu berkualitas juga. Bukan cuma akting yang ‘nggak’ main-main, tapi dari segi visual juga diatas rata-rata. Nah, ini daftar film terbaik dari beberapa negara di Asia di 5 tahun terakhir.

Bicara tentang film, asia merupakan benua yang patut dipertimbangkan dalam produksi perfilm di beberapa tahun belakangan ini.

1.      TRAIN TO BUSAN – KOREA SELATAN ( 2016 )

Sumber gambar : gscmovies.com.my



Train to Busan  adalah film horor yang bertema bencana zombie asal Korea tahun 2016 yang disutradarai oleh Yeon Sang-ho dan dibintangi Gong Yoo Jung Yu-Mi dan Ma Dong-Seok. Film menegangkan dan sedih ini berating lumayan 7,5/10 versi IMDb. Tak salah jika film yg uda terkenal di kalangan remaja saat ini, bagaimana tidak pemeran Seok-Woo alias Gong Yoo idaman para cewek yang terkenal di serial drakor “Goblin”. Pada 7 Agustus, film tersebut pencetak rekor sebagai film Korea pertama pada 2016 yang memecahkan rekor lebih dari 10 juta penonton. Si sutradara Yeon Sang Hoo sebelumnya uda beberapa kali menang penghargaan bergengsi lain.








2.      THE SALESMAN – IRAN ( 2016 )


Sumber gambar : cleveland.com

‘The Salesman’ juga lahir dari tangan dingin sutradara Asghar Farhadi. Cerita filmnya berfokus pada seorang istri yang diserang sosok tidak bertanggung jawab dimana sang suami bertekad untuk mencari pelakunya. Berating 7,6/10 versi IMDb. Pada Oscar 2017, filmnya berhasil memenangkan kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.
Meskipun belum dominan, judul-judul di atas membuktikan bahwa film Asia memiliki potensi kuat untuk berkiprah di kancah dunia. Melihat perfilman Indonesia yang sedang naik naiknya, bukan tidak mungkin film Indonesia yang selanjutnya bergabung dengan film-film pemenang Oscar pada list ini.




3.      NEWTON – INDIA ( 2017 )Va
sumber gambar : filmbeat.com

Film asal India buatan Amit V. Masurkar. Bercerita tentang laki-laki bernama Newton yang tugasnya mengantarkan surat suara pemilu ke desa pelosok yang terjadi konflik. Dia bertanggung jawab sekali dan tetap teguh agar terjadi pemilihan suara di desa pelosok tersebut, terjadi perselisihan antara rombongannya dengan pihak prajurit yang menjaga. Selain berating 7,7/ 10 Film ini juga meraih penghargaan Filmfare untuk cerita terbaik
Film ini harusnya ditiru oleh pihak KPU yang sulit masuk ke desa pelosok untuk mengambil suara pilihan mereka. Bagaimanapun, mereka juga berhak memilih biarpun jalan yang harus dilalui sesulit apapun.  



  

4.      THE NIGHT COME FOR US – INDONESIA ( 2018 )


Sumber gambar : imdb.com

The Night Comes for US adalah film aksi bunuh bunuhan Indonesia yang disutradarai oleh Timo Tjahjanto. Film ini dibintangi duet aktor silat kawakan asli Indonesia yaitu Joe Taslim dan Iko Uwais yang juga uda dikenal di industri perfilman Hollywood. 

Film ini jadi salah satu yang terbaik karena The Night Comes for US juga menjadi film asli Indonesia pertama yang tayang di Netflix, dan rating film ini 7/10 versi IMDb
           


                                                                                           
5.      DYING TO SURVIVE – CHINA ( 2018 )

Sumber gambar : The Better India
Dying to Survive adalah film komedi-drama Tiongkok buatan Wen Muye dalam debut film fiturnya. Film ini dibuat atas dasar kisah nyata si Lu Yong, seorang pasien leukemia dari Cina yang menyelundupkan obat kanker yang murah tetapi belum terbukti dari India untuk 1.000 penderita kanker di Tiongkok pada tahun 2004. Pemeran utama film ini diaktori Xu Zheng dan juga merangkap tugas jadi co produser juga yang dibantu Ning Hao. Film ini berating 8/10 versi IMDb dan pernah masuk nominasi Asian Film Awards 2019 dan menang best film dari penghargaan Hainan International Film Festival

6.      PARASITE – KOREA SELATAN ( 2019 )
sumber gambar : amazon.com

Film yang berating ini 8,6/10 dan berdurasi 2 jam 12 menit harus diakui, selain naskah yang brilian, sebagai sebuah film bergenre dark comedy Parasite tidak akan sukses bila para aktornya tak bermain dengan sangat baik. Mereka mampu menampilkan kinerja luar biasa brilian menggambarkan ketidak adilan sosial dan memandangnya sebagai sebuah komedi. Menggondol 4 piala Oscar 2020 dan menjadi film asia satu satunya yg pernah mengangkat piala Oscar, jadi film ini tidak perlu diragukan lagi jika jadi film Asia terbaik. 



7.      IP MAN 4 – HONGKONG ( 2019 )
sumber gambar : itunes.apple.com


IP Man 4 adalah film kungfu asal Hongkong berdasarkan kisah nyata  master Wing Chun. Film ini adalah sekuel dari film IP Man sebelumnya.  Semua film ini buatan Wilson Yip, ditulis oleh Edmond Wong, diproduksi oleh Raymond Wong dan dibintangi Donnie Yen. Film IP MAN 4 berating 7,4/10 versi IMDb. Film Mandarin merilis dua film pertama di Hong Kong, yang meraih lebih dari $37.000.000 dengan biaya sekitar $24.600.000. Memang dari dulu, Donnie Yen sudah di cap sebagai pemain film yang disetiap filmnya memiliki tema yang unik, yang pertama film IP Man adalah tentang  "Survival ", IP Man 2 berfokus pada  "membuat hidup dan adaptasi ", sementara IP Man 3 berfokus pada  "Life " itu sendiri. 

8.      THE ASSASSIN – CHINA ( 2015 )
sumber gambar : sensacine
The Assassin adalah sebuah film 2015 karya sutradara Taiwan, Hou Hsiao-Hsien. A Taiwan/daratan Cina/Hong Kong Co-produksi, film ini adalah pilihan resmi di kompetisi utama di Festival Film Cannes 2015. di Cannes, Hou berhasil menang, dan bawa pulang penghargaan untuk sutradara terbaik. Film ini dirilis di daratan dan Hong Kong, Tiongkok tanggal 27 Agustus, dan besoknya di Taiwan pada 28 Agustus 2015. Film The Assassin terpilih jadi perwakilan Taiwan untuk kategori bahasa asing terbaik di Academy Awards ke-88 tapi ‘nggak’ masuk nominasi.


8 Comments

  1. Keren...
    Yang udah aku tonton train to busan,parasite, sama ip man

    ReplyDelete
  2. Train to busan the most fav ✔✔ this movie like real when zombie came, i can't stop watch this movie wkwkwkwk watch again and again

    ReplyDelete
  3. Layout nya menarik, tata bahasa dan tampilan nya rapi karena rata kanan kiri, sumber gambarnya jelas jadi tidak ada masalah dengan picture copyrightnya, serta kalimat yg mudah dipahami oleh readers, sekian sir
    #Nazwa_Maulidya_Harahap
    Favorite saya yg nomor 1 btw sir

    ReplyDelete
  4. Tulisannya sangat menarik dan mudah dipahami. Dan Film train to Busan dan parasite emang the best film ever lah, udh berulang kali nonton tapi gabuat bosan

    ReplyDelete
  5. Saya sudah nonton yang film parasite
    Nasihat yang saya ambil dari film parasite" jujur lah dalam hidup,meski kenyaataanya pahit"
    Film ini sutradarai,di produseri dan di tulis oleh jang young hawn
    Dan film ini lokasinya di korea selatan

    ReplyDelete
  6. Nice article, penjelasan dari setiap film nya tidak terlalu banyak namun singkat dan jelas. Film-film diatas juga memang layak mendapat julukan film terbaik asia

    ReplyDelete
  7. Keren,setiap penjelasan dari film nya dapat di pahami dengan baik.
    Train to busan the best film ever la

    ReplyDelete
  8. Dari semua film yg telah di review saya sudah pernah menonton train of busan dan IP man 4. Film ini sangat saya sukai. Dari adegan menegangkan para zombie, dan karakter gerakan hebat dari kungfunya keren banget. Tapi saya jadi tertarik untuk menonton film the assassin. Terimakasih untuk review nya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post