Best Film Editor in the world



Medan, Film Medan – Dikutip dari Jendela Buku, editor film adalah seorang yang bertanggung jawab mengkonstruksi cerita secara estetis dari shot-shot yang dibuat berdasarkan skenario dan konsep penyutradaraan sehingga menjadi sebuah film cerita yang utuh. Dibawah ini ada 7 editor terbaik didunia, yang sudah kami rangkum sedemikian rupa
  1. BOHEMIAN RHAPSODY- John Ottman
sumber gambar : ISMF
Editor asal Amerika ini adalah pemenang sekaligus peraih penghargaan di Oscar tahun 2019 lalu kategori Editing terbaik untuk film Bohemia Rhapsody. Film ini sangat terkenal karena editingnya yang luar biasa bagus, mirip kayak aslinya. Dia sebelumnya pernah kuliah di De Anza College kemudian pindah ke School of Cinematic Arts dari University of Southern California, dan dia lulus tahun 1988. Dia terkenal karena kerjasamanya dengan sutradara film Bryan Singer, dan disitu dia bertindak sebagai editor dan komposer untuk film-filmnya salah satunya Astro Boy. Selain oscar, dia juga pernah menerima penghargaan di Bafta Awards untuk kategori yang sama juga.

2.   Ford v Ferrari (20th Century Fox)Michael McCusker Andrew Buckland 
sumber gambar : zimbio
Editor di film Ford V Ferrari ini adalah Michael McCusker dan Andrew Buckland. Mereka berdua adalah sepasang editor yang memenangkan piala Oscar tahun ini, kategori Best Film Editing. Michel atau biasa dipanggil ‘Mike’ ini adalah editor asli dari Amerika yang lahir tahun 60-an, dia juga sudah pernah dinominasikan dua kali di Academy Awards untuk film Walk the line ditahun 2005 dan Ford V Ferrari ditahun 2019. Sedangkan Andrew adalah penulis naskah drama, penampil, sutradara film, mime, pemain dan akademisi pemenang penghargaan Afrika Selatan. Dia adalah editor kelahiran Zimbabwe tahun 54, dia juga aktor dan mulai dikenal lewar film Jane and the lost city tahun 1987, Dirty games tahun 1989, dan Tenth of a second tahun 1987.  

3. HACKSAW RIDGE - John Gilbert

sumber gambar : nzonescreen
John Gilbert adalah editor film yang bekerja terutama di daerah Selandia Baru. Dia sudah mengedit 17 film, acara televisi dan film pendek. Gillbertpun pernah dapat piala Oscar tahunn 2017 silam kategori ‘ Best Film Editing’ untuk film Hacksaw Ridge dan di Bafta Awards kategori yang serupa.  Gilbert sebelumnya menerima berbagai penghargaan untuk karyanya dalam karya Peter Jackson , The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring (2001), termasuk Penghargaan Satelit untuk Editing Terbaik  dan ACE Eddie Penghargaan .
4. DUNKIRK- Lee Smith
sumber gambar : Panda Gossips
 Lee smith adalah editor film asli Australia yang lahir tahun 60-an, dia mulai berkarya waktu tahun 1980-an. Smith juga memulai karirnya sebagai editor film, film-filmnya yaitu Dead Calm tahun 1989, The Piano tahun 1993, The potrait of lady tahun 1996 dan Holy Smoke! Tahun 1999. Ditahun 2018 lalu, dia berhasil meraih piala di Oscar kategori Best Film Editing untuk film Dunkrink. Speechless dia sangat terkejut dan bahagia saat itu, usahanya terbayarkan dan dia juga dicap sebagai Editor terbaik didunia. 

5. MAD MAX: FURY ROAD - Margaret Sixel
sumber gambar : IMDb
Margaret Sixel adalah seorang Penyunting film asal Australia yang lahir di Afrika Selatan. Ia terkenal karena karyanya sebagai Penyunting film pada  film babe: Pig In The City (1998), Happy Feet (2006), dan di film Mad Max: Fury Road (2015), yang membuatnya memenangkan Academy Award untuk ‘Best film Editing’. Karya-karya filmnya meluas di berbagai genre, seperti film dokumenter, film pendek live action, komedi animasi, dan aksi. Tak sekedar Oscar, dia juga banyak menyabet banyak penghargaan lain.

6. WHIPLASH - Tom Cross 
sumber gambar : IMDb
Tom Cross adalah seorang Editor film asal Amerika. Ia memulai kariernya di tahun 1997 sebagai asisten Editor, berkontribusi pada berbagai proyek film seperti We Own The Night (2007), Crazy Heart (2009), The switch (2010), dan serial drama sebagai pemenang primetime Emmy Award Deadwood. Ia meraih ketenaran di seluruh dunia pada tahun 2015 ketika ia memenangkan Independent Spirit Award pada kategori Best Editing, penghargaan BAFTA untuk penyuntingan terbaik dan Academy Award pada kategori yang sama tentunya atas karyanya film Whiplash (2014).  ia telah mengedit film lain seperti, The Wild bunch (1969) dan The French Connection (1971). Karna karyanya yang luar biasa dia diajak bekerjasama dengan penulis/sutradara Damien Chazelle pada film komedi percintaan musikal La La Land (2016).

7. GRAVITY - Alfonso Cuarón and Mark Sanger 
sumber gambar : The National
Alfonso Cuarón and Mark Sanger adalah seorang editor film. Mark Sanger (lahir 13 Januari 1974; umur 46 tahun) adalah seorang penyunting film Britania Raya. Sanger dan penyunting film sejawatnya Alfonso Cuarón memenangkan Academy Award untuk Penyuntingan Film Terbaik atas karya mereka pada film 2013 Gravity. Sedangkan Alfonso Cuarón adalah editor sekaligus sutradara, penulis naskah, dan produser asal Meksico. Dia mulai dikenal dari film A Little Princess (1995), Y Tu Mamá También (2001), Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004) dan Children of Men (2006). Film terbarunya, Gravity, dirilis pada tahun 2013, dan Believe tahun 2013.























Post a Comment

Previous Post Next Post