7 Sinematografer Terbaik di Dunia, ini torehan penghargaannya!

Medan, Film medan – Pembuatan film yang bagus tentu diperlukan seorang yang betul-betul memahami tugas masing masing dari mereka. Pada pembahasan kali ini kita membahas orang orang yang bekerja sebagai sinematografer. Sinematografer adalah orang orang yang paling bertanggung jawab pada aspek visual atau bisa dibilang sebagai orang-orang yang mencakup pengambilan gambar atau visual pada skenario, pemilihan jenis kamera, jenis bahan baku yang akan dipakai, pemilihan lensa, pemilihan jenis filter yang akan dipakai di depan lensa atau di depan lampu, pemilihan lampu dan jenis lampu yang sesuai dengan konsep sutradara dan cerita dalam skenario. Seorang sinematografer juga memutuskan gerak kamera, membuat konsep visual, membuat floorplan untuk efisiensi pengambilan gambar. Artinya seorang sinematografer adalah orang yang bertanggung jawab baik secara teknis maupun nonteknis di semua aspek visual dalam film. Berikut adalah 7 orang sinematografer terbaik dengan berbagai torehan penghargaannya.

1. Wally Pfister

Sumber : thefilmstage.com

Walter C. Pfister, lahir pada 8 Juli 1961 adalah seorang sinematografer dan sutradara Amerika Serikat, yang paling dikenal karena karyanya dengan Christopher Nolan. Pfister memenangkan sebuah Academy Award untuk sinematografi terbaik di film Inception (2010). Pfister juga dikenal karena karyanya dibantu sutradara F. Gary Gray's  di film The Italian Job dan Bennett Miller's Moneyball. Pfister memulai debut penyutradaraannya dengan transcedence (2014), melalui Alcon Entertainment. Ia juga menyutradarai beberapa iklan dan televisi.

2. Robert Richardson

Sumber : zimbio

Robert Bridge Richardson adalah seorang sinematografer asal Amerika Serikat. Ia memenangkan Academy Award untuk Sinematografi Terbaik sebanyak tiga kali, untuk karyanya pada film JFK, The Aviator, dan Hugo. Richardson telah kolaborasi dengan  beberapa sutradara tersohor seperti Oliver Stone, John Sayles, Errol Morris, Quentin Tarantino, dan Martin Scorsese. Dia adalah salah satu dari tiga orang yang telah memenangkan Academy Award untuk Sinematografi Terbaik tiga kali, yang lain adalah Vittorio Storaro dan Emmanuel Lubezki.

3. Claudio Miranda

Sumber : welt

Claudio Miranda adalah seorang sinematografer Chili yang paling dikenal sebagai sinematographer pada film garapan Ang Lee berjudul Life of Pi dan sebagai sinematografer pada film David Fincher The Curious Case Benjamin Button, film pertama yang ditayangkan seluruhnya secara digital dinominasikan pada Academy Award untuk sinematografi terbaik dan penghargaan American Society of cinematographers, dan masih banyak lagi penghargaan yang dia raih. Ia juga dikenal karena kolaborasinya dengan sutradara Amerika Joseph Kosinski. Ia adalah orang Chili kedua yang memenangkan ajang Academy Award atau lebih dikenal Oscars

4. Emmanuel Lubezki

Sumber : Oscar.wikia.com

Bernama lengkap Emmanuel Lubezki Morgensternd yang biasanya disapa Chivo ini lahir pada 30 November 1964 adalah seorang sinematografer Meksiko. Lubezki telah bekerjasama dengan banyak sutradara ternama, yaitu Mike Nichols, Tim Burton, Michael Mann, Joel dan Ethan Coen, Terrence Malick, Alfonso Cuarón, dan Alejandro González Iñárritu. Lubezki dikenal untuk terobosan penggunaan pencahayaan alami dan ini selalu menjadi ciri khas si Chivo dalam sinematografi. Karyanya dipuji oleh khalayak dan kritikus, yang membuatnya meraih beberapa penghargaan, termasuk delapan nominasi Academy Award untuk sinematografi terbaik. Ia menang dalam kategori ini tiga kali dan menjadi orang pertama yang memenangkan Oscar dalam tiga tahun berturut-turut, pada film Gravity (2013), Birdman (2014), dan The Revenant (2015).

5. Alfonso Cuaron

Sumber : allmovie

Alfonso Cuarón kelahiran 28 November 1961 adalah seorang seniman film berbakat, tak sekedar sinematografer, pria berumur 59 ini juga seorang sutradara, penulis latar, produser, dan Penyunting film asal Meksiko. Beberapa filmnya meraih sambutan dan penghargaan. Ia dinominasikan di 11 Academy Awards dan memenangkan empat nominasi, termasuk dua penghargaan sutradara terbaik untuk Gravity (2013) dan Roma (2018). Ia adalah sutradara Amerika Latin pertama yang meraih penghargaan untuk sutradara terbaik. Ia juga meraih Academy Awards untuk penyuntingan film terbaik di film Gravity dan sinematografi terbaik di film Roma. Film terkenal lainnya seperti drama keluarga A Little Princess (1995), film komedi Y Tu Mamá También (2001), film fantasi Harry Potter ,The tawanan of Azkaban (2004), dan genre thriller pada film dystopian Children of men (2006).

6. Roger Deakins

Sumber : Famous people

Roger Alexander Deakins adalah seorang sinematografer Inggris, dia ini sudah jadi langganan berkolaborasi dengan banyak sutradara- sutradara terkenal seperti Coen bersaudara, Sam Mendes, Denis Villeneuve dan masih banyak lagi. Deakins adalah salah satu anggota dari American and British Society of cinematographers. Pada tahun 2011 dia meraih American Society of cinematographers Lifetime Achievement Award. Deakins adalah anggota kehormatan sekolah film nasional yaitu Buckinghamshire dan ia adalah alumnus. Pada 2013, dia menerima penghargaan film. yaitu, Penerima penghargaan BAFTA untuk Sinematografi Terbaik,  dan Deakins meraih lima belas Nominasi dan dua kemenangan pada Oscar untuk sinematografi terbaik. Karyanya yang paling terkenal meliputi The Shawshank Redemption, Fargo, A Beautiful Mind, Skyfall, Sicario, Blade Runner 2049, dan 1917, dua terakhir darinya meraih membawa pulang piala Oscar. 

7. Vittorio Storaro

Sumber : filmekostenlosonlineanschauen.de.com

Dan yang terakhir, Vittorio Storaro kelahiran 24 Juni 1940 adalah seorang pria tua Italia yang diakui secara luas atas karyanya pada berbagai film klasik termasuk The Conformist, Apocalypse Now, dan The Last Emperor. Dalam perjalanan selama lebih dari 50 tahun, ia telah berkolaborasi dengan sutradara seperti Bernardo Bertolucci, Francis Ford Coppola, Warren Beatty, dan Woody Allen. Ia meraih tiga Academy Awards untuk Sinematografi Terbaik, sebuah penghargaan film BAFTA untuk Sinematografi Terbaik, sebuah ajang primetime Emmy Award, Goya Award, dan sejumlah penghargaan legenda hidup  dari berbagai Organisasi film.

Inilah ke-7 nama Sinematografer terbaik dunia, semoga bermanfaat!


Post a Comment

Previous Post Next Post