5 Sutradara Terbaik di Dunia, Ini Dia Orangnya!


Medan, Film Medan - Suksesnya sebuah film pasti ada orang yang sangat berjasa di belakangnya , orang itu adalah sutradara. Sutradara itu orang yang ngasih arahan dalam pembuatan film ke pemain nya. Film yang keren pasti juga karena sutradaranya yang luar biasa. Nah , kalau mau lebih jelas lagi ini adalah 5 sutradara terbaik didunia.


1.     ALFRED HITCHCOCK

Sutradara terbaik yang pertama adalah Alfred Hichcock. Dibandingi dengan yang lain dia mungkin satu-satunya sutradara dengan film yang paling banyak, yaitu 58 film semasa dia hidup. Alfred dikenal sebagai sutradara terbaik, dia juga pernah menang lebih dari 1 penghargaan. Academy Awards , dan Lifetime Achievement Award di American Film Institute tahun 1979.
Sayangnya dia sudah tiada , dia meninggal diusia 80 tahun pada 29 April 1980. Alfred Hitchcock pernah menerima penghargaan Lifetime Achievement Award di American Film Institute tahun 1979 dan menerima beberapa Academy Awards. Dia mulai berkarir sejak film bisu sampai modern, dan di ajuga pelopor penggunaan kamera bergerak. Film-film karyanya adalah Mr. & Mrs. Smith (1941) , Rear Window (1954) , Psycho (1960) dan masih banyak lagi.



2.     WOODY ALLEN

Sutradara berikutnya adalah Woody Allen. Dia adalah aktor, sutradara, penulis skenario, komedian, musisi dan pemain drama semuanya diboyong. Pantas saja dia disebut jadi salah satu ‘Sutradara Terbaik’ di dunia. Karya yang uda dibuat itu sekitaran 40 film, banyakkan? Di umurnya yang gak lagi muda ini gak jadi penghalang dia untuk terus berkarya. Film-film yang dibuatnya yaitu Annie Hall (1977), Manhattan (1979), Match Point (2005), Melinda and Melinda (2004) dan masih banyak lagi. Macam-macam penghargaan pun sudah dibawanya pulang, yaitu Academy Awards untuk film Annie Hall sebagai Best Picture, Golden Globe untuk Skenario Terbaik dalam film The Purple Rose of Cairo.

3.     MARTIN SCORSESE
Berikutnya adalah sutradara terkenal asal Amerika, Martin Scorsese. Dia juga disebut sebagai produser terbaik dunia, kenapa gitu? Dia berhasil masuk di daftar 100 orang paling berpengaruh didunia tahun 2007 dan sekaligus jadi sutradara sepanjang masa bareng sahabatnya Steven Spielberg dan Alfred Hitchcock versi majalah Total Film.
Kalau dijumlahin film karyanya dia ini totalnya ada 32 film tahun 50-an sampai sekarang. Film karya Martin salah satunya itu adalah The Departed tahun 2006, dan di film ini dia berhasil boyong penghargaan Academy Awards sebagai sutradara terbaik.

4.     STANLEY KUBRICK
Sutradara terbaik lainnya adalah Stanley Kubrick. Udah jelas kali kalau Stanley layak dibilang sebagai sutradara terbaik lainnya, buktinya film karya nya banyak menjadi  referensi sutradara lainnya. Dia juga sering dibilang sangat berpengaruh di perfilman karena karyanya dia ini adalah film yang berkelas. Salah satu film buatannya yaitu Eyes Wide Sut tahun 1999, di film ini murni buatannya. Karena dia sutrdaranya, produsernya sekaligus penulis skenarionya. Sayangnya, Stanley Kubrick sudah tutup usia di tahun 1999 diumur 70 tahun akibat serangan jantung.

5.    QUENTIN TARANTINO
Quentin Tarantino termasuk sutradara terbaik didunia loh. Walaupun hanya 7 karya yang berhasil dibuatnya, tapi Tarantino bisa bawa penghargaan salah satunya adalah penghargaan prestasi seumur hidup dari Presiden Filipina yang bernama Gloria Macapagal-Arroyo ditahun 2007 di Istana Malacanang, Manila. Filmnya yang terkenal itu adalah sekuel film Kill Bill : Vol 1 tahun 2003 dan Kill Bill : Volume 2 tahun 2004. Film-film Tarantino gak cuma sukses secara komersial,tapi juga oleh para kritikus film.
Dia banyak sekali dapat penghargaan dari dunia perfilman, yaitu dua piala Oscar (Academy Awards), dua Golden Globe Award, dua BAFTA AWARDS, dan Palme d'Or, dan pernah juga dinominasikan di Emmy dan Grammy. Namanya juga masuk dalam daftar "100 Most Influential People In The World" oleh majalah Time tahun 2005. Tahun 2015, Quentin Tarantino dapat penghargaan lagi dari Hollywood Walk In Frame atas kontribusinya bagi industri perfilman.

Bagaimana kawan filmmedan.com dari 5 sutradara terbaik dunia ini, apakah salah satu karya mereka sudah kalian tonton?






1 Comments

  1. sebagaibpenyuka film classic Quentin tarantino emang sutradara favorite aku banget ,di setiap filmnya juga pasti ada yang dapat penghargaan
    kaya oscar , mereka semua terbestlah
    btw artikelnya menarik dan interesting banget dan bermanfaat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post