7 Sound Designer Terbaik di Dunia, Inilah mereka!!


Medan, Film Medan – Sound Designer adalah kegiatan pembuatan dan mendesign suara untuk film. Untuk ini, para ahli dibidang ini pun harus bekerja dengan giat dan fokus untuk mencapai hasil yang maksimal. Dari beberapa best sound designer didunia, kami rangkum menjadi 7 dan mereka adalah :

1.     DONALD SYLVESTER
Sumber : upi.com

Salah satu pemenang Oscar 2020 adalah Ford V Ferrari nominasi best sound design yang di raih Donald Sylvester. Donald Sylvester adalah pengedit suara yang terkenal dari Amerika Serikat yang karyanya suda lebih dari 100 Film yang salah satunya adalh Ford V Ferrari. Selain di Ford V Ferrari, Donald juga pernah campur tangan di film The Fault di Our Stars (2014) dan The Hate U Give (2018). Diapun pernah memenangkan British Academy Award dikategori yang sama untuk film ‘Walk the line’. 

2. JOHN WARHURST dan NINA HARTSTONE
Sumber : upi.com

John warhurst dan Nina hartstone adalah seorang sound editing di film ‘Bohemian Rapshody’ tahun 2018. Film yang menceritakan tentang perjalanan hidup vokalis band legendaris yaitu Queen. Lewat film kece itu juga, mereka bisa meraih piala Oscar tahun 2019 di kategori best sound designer. Selain melakoni film itu, nina juga pernah ikut campur tangan di film lainnya, seperti Gravity (2013) dan An Education ( 2009 ). Gak cuma nina, john juga sering kali peroleh penghargaan yang salah satunya itu adalah Primetime Emmy Awards di kategori yang sama juga.

3. RICHARD KING dan ALEX GIBSON
sumber gambar : wordpress.com
Dua pria tua diatas adalah pemenang Oscar 2018 loh, mereka adalah peraih piala ‘Best sound editing’ lewat filmnya yaitu Dunkrink. Lagi-lagi umur gak jadi penghalang untuk kita berkarya ya, selain menang di Oscar mereka juga pernah menang diberbagai penghargaan lainnya dan juga dikategori yang sama. Alex Gibson sendiri adalah seorang sound editor asal Amerika, dan film selain Dunkrink yang pernah dicampurinya adalah film Transformers, The dark knight rises, dan masih banyak lagi. Sedangkan Richard sendiri adalah seorang sound designer asal negeri paman sam itu juga. Dia juga pernah mencampuri film The dark knight rises bareng Alex.



4.     SYLVAIN BELLEMARE
Sumber gambar : IBTimes india

Sylvain Bellemare adalah seorang sound designer sekaligus sound editor asal Canada. Doi pernah meraih piala Oscar untuk nominasi Best Sound Designer 2017, dan gak cuma Oscar saja dia juga pernah menang di Bafta Award kategori best sound. Walau dia hanya seorang diri, tapi kinerjanya gak sia-sia dan membuahkan hasil yang bagus juga luar biasa. Pria kelahiran tahun 98 ini juga disebut salah satu Best sound designer terbaik didunia.




5.     MARK MANGINI dan DAVID WHITE
Sumber gambar : RMF 24

Pasangan duo lainnya adalah seorang sound editing yang memenangkan Oscar tahun 2016 untuk film Fury Road , mereka adalah Mak Mangini dan David White. Mark sendiri dikenal sebagai sound designer terbaik karena sudah 5 kali dinominasikan sebagai ‘Best Sound Designer’ . Dia juga adalah seorang dosen , pendukung vocal untuk suara sebagai seni dan gitaris, sedangkan David adalah penyunting suara asli Australia yang paling dikenal atas perannya sebagai perancang suara dari film tahun 2015 Mad Max: Fury Road.


6. ALAN ROBERT MURRAY dan BUB ASMAN
Sumber gambar : zimbio


Tahun 2015 adalah tahun yang bersejarah dan berkesan untuk Alan Robert Murray dan rekannya Bub Asman. Karena ditahun itu juga mereka dinobatkan sebagai Best Sound Editing di malam puncak penganugrahan Oscar tahun 2015 untuk film American Sniper. Dua sekawan ini sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menghasilkan sebuah mahakarya yang berkelas, dan lihat hasilnya gak mengecawakan, malah jadi penghargaan yang luar biasa.

7.     GLEEN FREEMANTLE
Sumber gambar : Deadline Hollywood
Penyunting suara terbaik yang terakhir adalah Gleen Freemantle, sound editor sekaligus sound designer asal Inggris. Lewat film yang judulnya Gravity, dia berhasil angkat piala ‘Best Sound Designer’ di Oscar tahun 2014. Selain itu juga, dia juga pernah menang di BAFTA Awards untuk kategori yang serupa.



Itulah 7 dari beberapa sound designer terbaik didunia, dan semua dari mereka sudah pernah memenangkan piala Oscar.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post