7 Penata Artistik terbaik didunia, siapa aja sih mereka?

Medan, Film Medan - seseorang yang bertanggung jawab pada penampakan visual yang dibuat oleh tim ahli dan membuat keputusan mangenai elemen visual yang digunakan, gaya artistik yang dipakai dan kapan gerakan yang dapat menarik psikologis audiens dipergunakan sehingga menjadikan lebih hidup, itulah sedikit tentang penata artistik. Sebegitu pentingnya tata artistik bagi dunia perfilman. Nah, dibawah ini adalah 7 penata artistik terbaik didunia dan semua dari mereka juga pemenang di Oscar setiap tahunnya. Siapa saja mereka? 

1. NANCY HAIGH dan BARBARA LING
sumber gambar : zimbio
Nancy Haigh dan Barbara Ling adalah seniman asal Amerika serikat, mereka berdua adalah dekorator ( Nancy ) dan desainer produksi ( Barbara ). Tahun 2020 ini, mereka berdua berhasil meraih piala Oscar kategori 'Best Production design'. Nancy dulu pernah kuliah di Massachussets College of  Art tahun 98 jurusan seni 3D yang mempelajari tentang patung dan keramik.

2. JAY R. HART dan HANNAH BEACHLER 
sumber gambar : senggang-republika
Production design terbaik didunia yang kedua adalah Jay R. Hart dan Hannah Beachler. Mereka berdua adalah production design di film 'Black Panther' tahun 2018 dan dari film itu juga mereka berhasil memenangkan piala Oscar tahun 2019 dikategori yang sama, perbedaan umur gak jadi penghalang untuk mereka berkerja sama. Hannah sendiri adalah lulusan dari University of Cincinnati jurusan desain busana, sedangkan Jay adalah seorang decorator set asal Amerika dari tahun 90-an sampai sekarang.

3. JEFFERY A.MELVIN, SHANE VIEAU dan PAUL D. AUSTERBERRY
sumber gambar : 680 News 

Tiga production design diatas adalah seorang decorator dan designer di film The Shape of Water tahun 2017. Mereka juga menjuarai kategori production designer di Oscar tahun 2018 lalu. Bukan cuma itu aja, tiga sekawan ini juga memenangkan BAFTA Awards di kategori yang sama loh. Film The Shape of Water ditayangkan pertama kali di Festival Film Venesia tanggal 31 Agustus 2017 dan dirilis di Amerika Serikat tanggal 8 Desember 2017 secara terbatas dan 22 Desember 2017 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari kritikus.

4. DAVID WASCO dan SANDY REYNOLDS WASCO
sumber gambar : Oscars
David Wasco sang production designer yang ditemani istrinya Sandy Reynolds selaku set decorator menjadi pasangan suami istri yang brilian, bagaimana tidak, keduanya berhasil membawa piala Oscar 2017 dalam kategori 'Best Production Design'. Mereka berdua berhasil lewat film La La Land garapan sutradara Damien Chazelle. Film ini dikemas secara luar biasa mulai dari alur cerita, lokasi syuting hingga pemilihan costume dipilih secara sangat tepat. Tidak salah jika pasutri ini menjadi salah satu production designer terbaik. 

5. LISA THAMPSON dan COLIN GIBSON
sumber gambar : Movie'n'co UK
Lisa Thampson dan Colin Gibson di cap sebagai salah satu dari penata artistik terbaik didunia, mereka berdua juga berhasil merebut piala Oscar 2016 dalam nominasi 'Best Production Design' musim itu lewat film yang judulnya Mad Max : Fury Road yang tayang di tahun 2015 lalu. Film ini rilis tanggal 7 Mei 2015 di teater China, 14 Mei 2015 di Australia dan 15 Mei 2015 di Amerika dan berdurasi 120 menit.

6. ANNA PINNOCK dan STOCKHAUSEN 
sumber gambar : BAFTA Awards
Stockhausen atau yang bernama lengkap Adam Stockhausen adalah seorang perancang produksi. Stockhausen bersama penata latar Anna Pinnock berhasil memenangkan Oscar ditahun 2015 untuk kategori 'Best Production' lewat filmnya yaitu Grand Bupadest Hotel tahun 2014, mereka juga di sebut sebagai salah satu dari Penata Artistik dunia. Selain penghargaan dari Oscar, mereka juga mampu meraih piala di kategori yang sama di British Academy Film Awards ( BAFTA Awards ).

7. CATHERINE MARTIN
sumber gambar : Facebook
Catherine Martin ( lahir 26 Januari 1965 ) adalah seorang perancang kostum, perancang produksi, perancang set, dan produser film Australia. Ia telah memenangkan 4 piala Academy Awards alias Oscars dari filmnya yang paling dikenal yaitu 'Moulin Rouge!' pada tahun 2002, dan satu lagi film 'The Great Gatsby tahun 2014'. Setelah memenangkan empat Oscar, ia adalah orang Australia paling banyak dianugerahi dalam sejarah Oscar.

Nah, Jadi itulah ketujuh penata artistik atau 'Production design' terbaik didunia. Siapa menurut kalian yang paling terbaik dari semuanya? 















Post a Comment

Previous Post Next Post