20 Film Cerita Panjang Yang Berhasil Lolos FFI 2021

 


Halo Sahabat Film Indonesia, Film Medan kali ini mau berbagi info tentang FFI 2021. Siapa yang setiap tahunnya selalu mengikuti informasinya? Judul Film-Film apa saja yang terpilih dan tentunya penasaran juga dengan si Pembuatnya. Siapa aja dapat penghargaan tentunya!

Festival Film Indonesia dan Piala Citra merupakan penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia. FFI pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955 dan berlanjut pada tahun tahun 1960 dan 1967. Dan telah dua tahun ini Festival Piala Indonesia secara berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Komite Festival Film Indonesia sebelumnya dipimpin oleh Lukman Sardi, tahun ini Reza Rahadian ditunjuk sebagai ketua umum untuk tiga tahun ke depan. Pemilihan Reza Rahadian sebagai ketua Komite FFI 2021-2023 ditunjuk oleh Badan Perfilman Indonesia .


Pemeran pria dalam film Habibie ini juga menambahkan, “Pandemi seperti ini menjadi momen kontemplatif yang menyadarkan kita pentingnya arti dari sebuah sejarah. Perubahan akan selalu ada, termasuk di industri perfilman, dan akan terjadi terus menerus seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, Festival Film Indonesia juga akan selalu mencari, memperbaiki, dan menyempurnakan setiap aspeknya.”

Dia juga menegaskan bahwa, “Film Indonesia akan terus hidup. Karya sineas dan kecintaan masyarakat terhadap film Indonesia akan menjadi semangat untuk terus memajukan film Indonesia.”

Festival Film Indonesia 2021 adalah perhelatan ajang Festival Film Indonesia yang ke-41.Festifal Film Indonesia (FFI) 2021 digelar apda 10 November 2021 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan, dengan tema "Sejarah Film dan Media Baru" dan Subtema "Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia.

Bidang penjurian tahun ini diketuai oleh Garin Nugroho. Pendaftaran film dibuka mulai 15 Juli 2021 hingga 30 Agustus 2021 sedangkan seleksi dan penjurian akan berlangsung mulai 30 Agustus 2021 sampai 25 Oktober 2021. Malam nominasi akan digelar pada 10 Oktober 2021.Pada tahun ini, untuk pertama kalinya Festival Film Indonesia menghadirkan kategori nominasi terfavorit, di mana pemenangnya akan dipilih lewat sistem polling dari masyarakat. Festival Film Indonesia juga akan kembali mengapresiasi kritikus film Indonesia

Komite FFI 2021 akhirnya mengumumkan 20 Film Cerita Panjang yang berhasil lolos tahap seleksi yang dilakukan oleh 15 asosiasi profesi perfilman.

Berikut 20 Film Cerita Panjang Rekomendasi Asosiasi:

  1. A PERFECT FIT – Hadrah Daeng Ratu – Starvision – Chand Parwez Servia & Fiaz Servia
  2. AFFLICTION – Teddy Soeriaatmadja – Karuna Pictures & Roemah Rumah Films – Uwie Balfas & Teddy Soeriatmadja
  3. ALI & RATU RATU QUEENS – Lucky Kuswandi – Palari Films – Muhammad Zaidy & Meiske Taurisia
  4. ASIH 2 – Rizal Mantovani – MD Pictures – Manoj Punjabi
  5. AUM! – Bambang “Ipoenk” K.M - Lajar Tantjap Film & Bioskop Online – Damar Ardi & Suryo Wiyogo
  6. BIDADARI MENCARI SAYAP – Aria Kusumadewa – Citra Sinema & MD Pictures – Deddy Mizwar
  7. CINTA BETE – Roy Lolang – Innomaleo Films – Muspita Leni
  8. GENERASI 90-AN: MELANKOLIA – Irfan Ramli – Visinema Pictures – Angga Dwimas Sasongko
  9. JAKARTA VS EVERYBODY – Ertanto Robby Soediskam – Pratama Pradana Picture, Summerland Film & Urbain.Inc – Ertanto Robby Soediskam
  10. LAYLA MAJNUN – Monty Tiwa – Starvision – Chand Parwez Servia & Fiaz Servia
  11. NONA – Anggi Frisca – Aksa Bumi Langit, Citra Sinema & MD Pictures – Chandra Sembiring
  12. PARANOIA – Riri Riza – Miles Films – Mira lesmana
  13. PENYALIN CAHAYA – Wregas Bhanuteja – Rekata Studios & Kaninga Pictures – Adi Ekatama & Ajish Dibyo
  14. PREMAN – Randolph Zaini – Introversy – Randolph Zaini & Ryan Ricardo
  15. QUARANTINE TALES – Dian Sastrowardoyo, Jason Iskandar, Ifa Isfansyah, Aco Tenri & Tata Sidharta – BASE Entertainment – Shanty Harmayn, Tanya Yuson, Nadina Habsjah, Sari Mochtan, Ignatius Dimas, Florance Giovani, Agustiya Herdwiyanto, Rheno Agung Yudhanto & Andi Budrah
  16. SEJUTA SAYANG UNTUKNYA – Herwin Novianto – Citra Sinema & MD Pictures – Zairin Zain
  17. TALI MATI – Cornelio Sunny – Matta Cinema & Kathanika Entertainment – Ismail Basbeth
  18. TARUNG SARUNG – Archie Hekagery – Starvision – Chand Parwez Servia & Fiaz Servia
  19. THIS IS NOT A LOVE STORY – Sidi Saleh – Archipelago Pictures – Tekun Ji, Sidi Saleh & Irina Chiu
  20. YUNI – Kamila Andini – Fourcolours Films & Starvision – Ifa Isfansyah
     Selamat kepada 20 film yang berhasil lolos!

Nah, Selain itu  Asosiasi Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (PILAR) juga memberikan rekomendasi khusus bagi lima film untuk kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, yaitu:

  1. ASIH 2 – Lele Laila & Risa Saraswati
  2. GENERASI 90-AN: MELANKOLIA – M. Irfan Ramli & Marchella FP
  3. LAYLA MAJNUN – Alim Sudio & Monty Tiwa
  4. SOBAT AMBYAR – Gea Rexy, Bagus Bramanti & Charles Gozali
  5. TERSANJUNG THE MOVIE – Hanung Bramantyo & Pandhu Adjisurya


Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mendukung penuh terhadap penyelenggaraan FFI tahun ini, “Kemendikbud Ristek mendukung upaya insan-insan perfilman untuk terus berkarya dan menghadirkan terobosan. Banyak yang dapat kita pelajari dari sejarah dan perkembangan perfilman Indonesia, termasuk dari penyelenggaraan FFI setiap tahunnya. Saya yakin FFI akan terus menjadi katalisator kemajuan film Indonesia yang kita upayakan bersama ini.”

Post a Comment

Previous Post Next Post