Gelar Karya Film Pelajar



Jakarta, Film Medan -  Dalam rangka Festival Film Indonesia 2018, Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Pusbang Film Kemendikbud) kembali mengadakan kegiatan “Gelar Karya Film Pelajar 2018” dengan tema “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Film”.

Pada tahun ini terdapat 2(dua) kategori film yang dilombakan yaitu Film dokumenter dan Film pendek. Film Dokumenter adalah film yang berdasarkan data-data faktual yang ditemui berdasrkan literatur (media cetak/online/buku) maupun hasil riset langsung. Subjek/objek ide cerita film yang terkait dengan tema Penguatan Pendidikan Karakter. Sedangkan Film Pendek adalam film yang dibuat berdasarkan cerita fiksi atau kisah-kisah nyata dengan tema penguatan pendidikan karakter.

Kriteria Teknis. Film-film yang berhak mengikuti Gelar Karya Film Pelajar 2018 adalah semua karya film yang diproduksi sejak Januari 2017 dengan catatan memiliki tema yang berkaitan dengan tema lomba yang telah ditentukan. Film berdurasi minimal 7 (tujuh) menit dan maksimal 15 (limabelas) menit sudah termasuk opening dan credit title. Lomba ini terbuka bagi semua warga negara Indonesia, Khususnya pelajar setingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Tahap Penjurian. Seleksi awal dilakukan untuk menentukan film-film yang memenuhi administratif, kriteria teknis dan tema. Tema kali ini adalah “Penguatan pendidikan karakter”. Seleksi awal dilakukan oleh praktisi dan akademisi film, sejumlah lembaga swadaya masyarakat, serta komunitas-komunitas rakyat sesuai dengan isu yang menjadi fokus festival. Film-film terpilih menjadi film nominasi Lomba membuat film Pendek dan Dokumenter. Penjurian karya-karya nominasi akan dilakukan oleh para praktisi dan akademisi film dengan menilai:

  • keutuhan antara ide dan bentuk film,
  • kepekaan tematik aktual yang diangkat,
  • potensi film untuk pembelajaran dalam masyarakat.
Tidak ada pungutan biaya Pendaftaran untuk Lomba membuat film Pendek dan Dokumenter. (YS)

Adapun beberapa persyaratan diantaranya:

1.    Pelajar Indonesia setingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA
2.    Peserta berupa tim yang berperan sebagai produser, sutradara, penulis naskah, penata suara, penata artistik , editor.
3.    Bagi finalis lomba 2 (dua) kategori (film pendek dan film dokumenter) akan diundang ke Jakarta maksimal 3 (tiga) orang dari tim produksi untuk mengikuti malam anugerah.
4.    a) Film dokumenter adalah film yang berdasark an data- data faktual yang ditemui berdasarkan literatur (media cetak/online/buku) maupun hasil riset langsung. Subjek/objek ide cerita film yang terk ait dengan tema penguatan pendidikan karakter.
b) Film pendek adalah film yang dibuat berdasarkan cerita fiksi atau kisah nyata dengan tema penguatan pendidik an karakter.
c) Setiap tim hanya boleh mengirimkan 1 (satu) karya film.
5.    Peserta melampirkan surat pernyataan bermaterai 6000 bahwa film yang dikirimkan bersifat orisinil dan belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi lain.
6.    Apabila film menggunakan karya musik yang ada hak ciptanya, peserta wajib melampirkan izin tertulis bermaterai 6000 dari pemilik hak tersebut.
7.    Film pendek dan dokumenter memiliki durasi minimal 7(tujuh) menit dan maksimal 15 (limabelas) menit sudah termasuk opening dan credit title.
8.    Bahasa yang digunakan dalam film adalah Bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah dengan mencantumkan terjemahannya (subtitle).
9.    Peserta dapat mengikutsertakan karya film yang diproduksi sejak Januari 2017 dengan catatan memiliki tema yang berkaitan dengan tema lomba yang telah ditentukan.
10. Panitia berhak mendiskualifikasi dan membatalkan film pada tahap seleksi apabila ditemukan kecurangan yang dilakukan peserta.
11. Apabila dikemudian hari ada gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggungjawab terhadap hal tersebut. Panitia berasumsi bahwa seluruh film yang diikutsertakan merupakan karya orisinil dari peserta.
12. Karya film dapat dikirimkan ke email:
13. Formulir pendaftaran dan Petunjuk Teknis dapat diunduh di : bitly.com/GKFP2018
14. Batas akhir penerimaan karya adalah tanggal 30 September 2018.
15. Tidak dipungut biaya dalam keseluruhan prosesnya. Karya film terbaik akan ditayangkan dan diumumkan pada acara Malam Anugerah Festival Film Indonesia (waktu penyelenggaraan di tentuk an kemudian hari).
16. Untuk informasi lebih lanjut, peser ta dapat menghubungi panitia lomba Pusat Pengembangan Per filman melalui narahubung : 
        Espita     (08129057734)
        Swari     (082113110456)
        Mahesa (081332323430)

Hasil seleksi akan di umumkan melalui website:
Pusbangfilm.kemdikbud.go.id

Post a Comment

Previous Post Next Post