2nd Festival Kawal Harta Negara


Medan, Film Medan - Untuk kedua kalinya, BPK menggelar Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) yang terdiri dari kompetisi film pendek fiksi dan dokumenter, kompetisi video citizen jornalism, workshop film, pitching forum dan produksi film. FFKHN merupakan sebuah program yang bertujuan mendorong peran serta dan pelibatan masyarakat untuk membantu fungsi serta tugas BPK dalam mengawal harta negara.

Festival Kawal Harta Negara adalah kompetsisi film yang diselenggarakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Kegiatan kompetisi film ini terdiri dari kompetisi film pendek dan dokumenter, kompetisi video citizen journalism, workshop film, pitching forum dan produksi film.

Rangkaian acara Festival Film Kawal Harta Negara diselenggarakan mulai tanggal 24 April 2018 hingga tanggal 13 September 2018 yang merupakan malam puncak penganugerahan Festival Film Kawal Harta Negara.

Kompetisi Film
Kompetisi film Festival Kawal Harta Negara terdiri dari tiga, yaitu kompetsisi Film Pendek Fiksi, Film Pendek Dokumenter, Video Citizen Journalism. Pendaftaran kompetsisi mulai tanggal 24 April 2018 hingga 31 Juli 2018. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada malam puncak Festival Film Kawal Harta Negara pada tanggal 13 September 2018.

Roadshow Film
Roadshow film Festival Film Kawal Harta Negara dilaksanakan di 6 kota yaitu Aceh (28 April 2018), Surabaya (3 Mei 2018), Balikpapan (5 Mei 2018), Makassar (8 Mei 2018), Bandung (12 mEi 2018), Ambon (12 Mei 2018). Acara roadshow di setiap kota terdiri dari talkshow, workshop, pemutaran film, pitching forum.

Workshop film & Citizen Journalism
Workshop film akan menghadirkan narasumber pembuat film ternama. Untuk citizen journalism akan menghadirkan perwakilan televisi nasional, akademisi dan praktisi video citizen journalism.

Pitching Forum
Pitching forum merupakan program dukungan produksi film di enam kota yaitu Aceh, Bandung, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Ambon untuk lima film pendek fiksi dan lima film pendek dokumenter yang bertemakan mengawal harta negara. Para peserta diberi kesempatan untuk mendaftarkan ide cerita film yang akan dibuat, dan mempresentasikannya di hadapan para juri untuk memeroleh kesempatan meraih dana produksi. Panitia akan meilih satu ide cerita terbaik untuk masing-masing kategori (fiksi & documenter) di setiap kota.

Ide cerita yang terpilih dari program pitching forum mendapatkan dukungan dari Festival Film Kawal Harta Negara untuk diproduksi menjadi film. Selain dukungan dana produksi, Festival Film Kawal Harta Negara akan memfasilitasi dukungan program dalam bentuk mentoring dan fasilitas editing.

Kategori Karya
Berikut adalah kategori karya yang bisa dikirimkan untuk mengikuti Kawal Harta Negara
Film Competition:
  1. Film Fiksi Pendek (Maksimal 30 menit) untuk Umum/Mahasiswa dan Pelajar
  2. Film Dokumenter Pendek (Maksimal 30 menit) untuk Umum/Mahasiswa dan Pelajar
  3. Video Citizen Journalism (Maksimal 5 menit) untuk Umum/Mahasiswa dan Pelajar


Syarat dan Ketentuan
Syarat dan Ketentuan pengiriman karya Kompetisi Film Kawal Harta Negara:
  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 24 April – 31 Juli 2018.
  2. Kompetisi film diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI).
  3. Karya yang dapat diikutsertakan dalam Kompetisi Film Kawal Harta Negara harus mengandung tema kawal harta negara.
  4. Film Fiksi Pendek dan Film Dokumenter Pendek yang diikutsertakan dalam Kompetis FilmKawal Harta Negara diproduksi mulai1 Januari 2017 sampai dengan 31 Jul 2018 dengan durasi maksimal 30 menit, sudah termasuk credit title.
  5. Video Citizen Journalism yang diikutsertakan dalam Kompetisi Film Kawal Hart Negara diproduksi mulai1 Januari 2017 sampai dengan 20 Agustus 2018 dengan durasi maksimal 5 menit.
  6. Film dan video yang diikutsertakan dalam Kompetisi Film Kawal Harta Negara wajib menyertakan subtitle Bahasa Indonesia bila terdapat muatan dialog bahasa daerah.
  7. Formulir pendaftaran Kompetisi Film Kawal Harta Negara dapat diunduh melalui website www.bpk.go.id
  8. Peserta wajib mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran, scan/foto tanda pengenal yang berlaku (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa), foto cuplikan film/video (still photo) minimal 3 buah (setiap still photo beresolusi minimal 300 dpi), tautan unduhan file film/video dengan format (.mp4, .avi atau .mov), serta menyertakan sinopsis film ke alamat e-mail:pendaftaran.ffkhn@gmail.com
  9. Atau seluruh berkas pendaftaran bisa dikirimkan melalui pos ke: USAID CEGAH Empowering Indonesia’s Community of Accountability: Padi Padi Creative Jl. Asem Dua No. 80 – Cipete, Jakarta Selatan, 12410 Telp 021 - 7503051
  10. Tautan unduhan bisa melalui Google Drive, We Transfer, dan Drop Box.Film dan video yang lolos seleksi akan dihubungi oleh panitia pelaksana, serta diumumkan pada website www.bpk.go.id, dan akun media sosial resmi panitia.
  11. Peserta akan mendapat konfirmasi melalui e-mail apabila materi film dan berkas telah diterima oleh panitia Festival Film Kawal Harta Negara.
  12. Pendaftaran tidak dipungut biaya.
  13. Peserta bertanggungjawab sepenuhnya dengan pengiriman. Panitia tidak menyediakan biaya pengganti pengiriman film ataupun screening fee. Panitia penyelenggara tidak bertanggungjawab atas keterlambatan, kehilangan ataupun kerusakan berkas yang dikirim oleh peserta.
  14. Batas waktu penerimaan pendaftaran materi film adalah sampai tanggal 31 Juli 2018 pukul 23.59 WIB.
  15. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
Informasi lebih lengkap dapat menghubungi panitia melalui 
e-mail: info.kawalhartanegara@gmail.com 
Facebook : Kawal Harta Negara 
Instagram : @kawalhartanegara

Informasi lebih lanjut melalui web resmi Festival Kawal Harta Negara [klik]

Adapun bahan yang dapat digunakan sebagai rujukan ide cerita, dan materi informasi lomba:
  1. Hasil Audit BPK sebagai cerita [download here]
  2. Syarat dan Ketentuan Kompetisi Film Kawal Harta Negara 2018 [download here]
  3. Formulir Pendaftaran Kategori Citizen Journalism [download here]
  4. Formulir Pendaftaran Kategori Film Pendek Dokumenter [download here]
  5. Formulir Pendaftaran Kategori Film Pendek Fiksi [download here]
  6. Formulir Pendaftaran Pitching Forum [download here]

Post a Comment

Previous Post Next Post