Pembukaan Festival Film Purbalingga 2018


Purbalingga, Film Medan - Festival Film Purbalingga 2018 resmi dibuka di Desa Karanggedang, Bukateja Purbalingga, Senin 7 Juli 2018 malam. Acara pembukaan yang berlangsung bergandengan dengan pasar malam ini terlaksana dengan sangat meriah. Layar tanjleb yang menjadi ciri khas FFB ini juga berdiri di tengah hampir seribuan pengunjung pasar malam.

Kejadian yang paling monumental dalam kegiatan ini adalah saat Bowo Leksono sedang menyampaikan sambutannya, kereta odong-odong menginterupsi jalannya sambutan, bukti bahwa rakyat punya kuasa. Hal ini disampaikan oleh Dimas Jayasrana yang secara terpisah juga menyampaikan rasa sedihnya karena tidak bisa hadir dalam acara ini.

Seperti laiknya tahun-tahun sebelumnya, Festival Film Purbalingga memulai perjalanannya dari satu titik desa di Purbalingga, kemudian menyusuri desa-desa di 5 Kabupaten Banyumas Raya. 20an desa dari 5 kabupaten di Banyumas Raya siap menjadi tuan rumah untuk layar Festival Film Purbalingga. Bekerjasama dengan kelompok masyarakat, Karang Taruna hingga aparat desa, Layar Tanjleb dengan suguhan tontonan ciamik berkualitas film pendek Banyumas Raya dan film panjang Indonesia.menjadi momen perayaan sinema yang dekat dengan mereka. 

Tahun ini panitia juga mengaku berbahagia mendapatkan kesempatan untuk membawa Sekala Niskala ke pelosok-pelosok desa. Ditemani film pendek pelajar, Sekala Niskala akan menyapa 18 desa di Banyumas Raya mulai 7 hingga 28 Juli.

Tidak ketinggalan, Kompetisi Film Pelajar Banyumas Raya berupa kompetisi film pendek fiksi dan dokumenter yang didedikasikan bagi pelajar SMP/A di Purbalingga dan Banyumas Raya. Kompetisi ini merupakan ruang diseminasi yang melahirkan talenta-talenta baru tiap tahun. Film pendek Purbalingga yang telah meraih penghargaan lahir dari kompetisi FFP.

Jadwal berikutnya FFB pada hari Selasa tanggal 10 Juli 2018 akan mengunjungi Perum Jatisari Indah, Desa Jatisari, Kec. Kebumen, Kebumen, dan dilanjutkan esoknya Kamis tanggal 12 Juli 2018 yang direncanakan akan berlangsung di Desa Banjarmangu, Kec. Banjarmangu, Banjarnegara. (MG)







Post a Comment

Previous Post Next Post