Workshop Perfilman Tingkat Menengah


Jakarta, Film Medan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film) kembali membuka pendaftaran dan seleksi calon peserta Workshop Perfilman Tingkat Menengah mulai Selasa 26 Juni 2018 dan akan ditutup pada hari Jumat tanggal 27 Juli 2018 pukul 17:00 WIB.

Workshop kali ini akan dibuka untuk kelas di bidang Penyutradaraan, Skenario, Tata Kamera, Editing, Tata Artistik, dan Tata Suara. Workshop ini merupakan program rutin Pusbang Film Kemdikbud yang diperuntukkan bagi para insan perfilman yang ingin menimba ilmu perfilman lebih lanjut.

Insan perfilman yang boleh mengikuti proses pendaftaran dan seleksi ini adalah masyarakat Indonesia yang berusia 18 - 27 tahun, bersedia mengikuti seluruh pelatihan secara penuh hingga selesai, bersedia mengikuti ujian pre test dan ujian akhir workshop.

Adapun beberapa persyaratan yang wajib dilengkapi oleh calon peserta diantaranya:
  1. Pendaftar wajib mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia. formulir dapat diisi pada link berikut ini: [link]
  2. Pendaftar wajib melampirkan kartu identitas seperti Fotocopy/ Scan Copy KTP/ SIM
  3. Berbadan sehat dibuktikan dengan surat keterangan Rumah Sakit/ Puskesmas
  4. Pendaftar wajib mengirimkan Curriculum Vitae (CV) yang berkaitan dengan pendidikan dan film.
  5. Membawa Surat Penugasan dari Komunitas (Kop Surat dan stempel)
  6. Pendaftar mengirimkan bukti pernah mengikuti berbagai kegiatan atau organisasi perfilman (workshop/ seminar/ festival/ komunitas) baik sebagai anggota/ peserta/ panitia, dalam bentuk sertifikat atau surat pernyataan rekomendasi dari ketua pelaksana kegiatan atau ketua komunitas yang melaksanakan kegiatan tersebut.
  7. Pendaftar yang sudah pernah terlibat dalam pembuatan film, wajib mengirimkan 1 hasil karya dari film yang sudah diproduksi dalam bentuk tautan (link internet)
  8. Pendaftar wajib membuat tulisan esai pendek (300 - 500 kata) dengan tema (pilih salah satu): (1) Mengapa anda harus terpilih mengikuti workshop ini? (2) Cita-cita yang ingin anda capai di dunia perfilman, atau  (3) Apa pendapat anda terhadap Industri Perfilman Indonesia?
  9. Semua kelengkapan di atas dikirimkan melalui email ke bidangatp.pusbangfilm@kemdikbud.go.id dengan subyek email: Formulir Calon Peserta 2018 (Kota Domisili) 

Untuk informasi yang lebih lanjut, calon pendaftar dapat mengikuti akun sosial media Pusbang Film @pusbangfilm, atau menghubungi narahubung kegiatan ini yaitu Rendy di nomer 082223155113, atau Marlina di nomer 082112933229. (MG)

Post a Comment

Previous Post Next Post